Sempat bermimpi naik kereta uap bersama tokoh kartun Thomas and Friends? Di zona Belgrave, Melbourne, Australia, kalian dapat mewujudkan mimpimu. Kini kereta uap di Melbourne sangat digemari oleh para wisatawan.

” Kita semacam kembali ke masa kemudian naik kereta uap semacam di film kartun Thomas,” ucap William di Stasiun Lakeside Melbourne, Australia, Sabtu( 5/ 10/ 2019).

Laki- laki berkacamata asal Surabaya, Jawa Timur ini juga mengajak pendampingnya, Nicole buat merasakan sensasi yang sama dengan melancong kereta uap kuno Puffing Billy. Walaupun rute dari Belgrave ke Gembrook sepanjang 25 km, William mengaku tidak merasa jenuh sepanjang ekspedisi. Lantaran pemandangannya bermacam- macam, mulai dari permukiman penduduk, yang membelah hutan Pegunungan Dandenong sampai melintasi jalanan Melbourne.

Terlebih William, Nicole serta puluhan penumpang Puffing Billy terkesan dengan keramahan masyarakat Melbourne. Kala mereka duduk di beranda rumahnya, berolahraga di pinggir jalur, sampai mobilnya menyudahi sebab kereta melalui, seluruh kompak tersenyum serta melambaikan tangannya. Berasa semacam pejabat, bukan?

” Everybody love Puffing Billy, thats why they are waving” kata guide tour Sammy Saffin.

Nuansa alam perdesaan terasa kental dengan kicauan burung- burung liar, kuda, sapi, illama, serta domba peliharaan petani sejauh ekspedisi. Konsep alami historis inilah yang jadi andalan wisata Puffing Billy.

Sammy yang pula masyarakat setempat mengatakan, rahasia kecintaan tersebut sebab faktor sejarah situs bandar terpercaya yang mengundang nostalgia senantiasa dipertahankan. Perihal tersebut nampak dari tampilan para petugas kereta api yang mengenakan pakaian kuno. Umur mereka juga rata- rata paruh baya serta berstatus sukarelawan.

Pemerintah setempat memandang kemampuan wisata di lintasan kereta yang dibentuk tahun 1900 tersebut sangatlah besar. Restorasi kereta yang awal mulanya buat mengangkat bahan kebutuhan pokok masyarakat semacam kentang, kayu, serta bermacam ternak tadi diawali. Tetapi, kereta wisata pernah ditutup pada 1953 sebab terdampak longsor. Memang kereta uap di Melbourne sangat digemari oleh masyarakat setempat.

” Sehabis penyempurnaan rute serta beberapa revisi, saat ini kereta Puffing Billy ditentukan dapat beroperasi sejauh tahun, liburnya cuma dikala perayaan Natal,” cetus Marketing Manager Puffing Billy Railway Emma Hutchinson.

Apalagi saat ini disiapkan paket wisata di stasiun yang dilewati. Mulai dari Menzies Creek yang sediakan touring sejarah di museum kereta, Lakeside yang sesuai buat tema touring piknik di tepi danau Emerald serta dekat wahana air. Terdapat pula stasiun Cockatoo yang tadinya jadi loading station buat kayu.

Stasiun terakhir, Gambrook memiliki pasar rakyat yang buka tiap hari minggu minggu keempat. Puffing Billy bakal menyudahi sepanjang sejam di stasiun ini buat mengantar kembali penumpangnya ke Belgrave.

Emma menganjurkan, peminat wisata Puffing Billy memesan tiket online bila berkunjung pada akhir minggu ataupun masa liburan. Tiket paling murah dibanderol 37 dollar Australia ataupun sekira Rp 380 ribu. Tiket kembali berangkat 41 dollar( Rp 400 ribu) serta buat ke Lakeside menggapai 56 dollar( Rp 550 ribu).

Walaupun lumayan menghabiskan kantong, pengalamannya memanglah tidak tergantikan. Tetapi yakinkan peralatan ekspedisi dengan masa di Australia. Bila naik Puffing Billy kala masa semi sejauh September- November, yakinkan bawa baju hangat supaya tidak kedinginan diterpa angin sepanjang ekspedisi.

Tunggu apa lagi, ayo dicoba petualangan menjelajahi Melbourne dengan kereta api uap.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *